belanja-mall-apcom 11

3 Tips Belanja Kebutuhan Ramadhan Cermat & Hemat

Belanja Kebutuhan Ramadhan

Bulan Ramadhan telah tiba dan suasana yang khas sudah saya rasakan semenjak bahkan beberapa hari sebelum puasa dimulai.  Keistimewaan bulan Ramadhan yaitu ibadah spesial puasa itu sendiri, juga termasuk berbuat beribadah rutin sekaligus berbuat kebajikan dengan maksimal, lalu berwisata kuliner khas Ramadhan, sekaligus merasakan momen kumpul-kumpul dengan orang terdekat pun kerap dinanti oleh kita.

Nah.. selain kegiatan di bulan puasa diatas, Alhamdulillah bagi sebagian kita menjelang Lebaran nanti ada momen ketika mendapat tambahan rejeki yang pasti dinanti, dan tidak lain tidak bukan yaitu ketika masuk transferan halal ke rekening kita berupa, rejeki THR 😀

 

pixabay.com
pixabay.com

 

Dengan adanya rejeki tersebut, sebagian dari kita pasti sudah mengalokasikan pos-pos belanja terkait kebutuhan Lebaran nanti, Namun dengan euforia rejeki THR tersebut, sebaiknya kita lebih bijak dan pintar dalam mengelola keuangan yaitu salah satunya mengatur aliran dana THR tersebut, dan saya pun secara pribadi tetap berhitung untuk lebih cermat dibantu Menteri Keuangan tercinta Istri saya, sehingga kebutuhan yang prioritasnya tinggi sudah masuk dalam anggaran dan (Insha Alloh) tercukupi.

Meski nilai THR yang didapat Alhamdulillah dirasa cukup, namun setelah hitung sana-sini dan ketika dibelanjakan terkadang masih perlu dilakukan penghematan. Salah satu penghematan yang saya lakukan yaitu berusaha mencari promo Ramadhan maupun mencari informasi belanja Lebaran murah via internet dengan mengunjungi situs belanja, toko online, ecommerce, maupun marketplace favorit, tentunya saya pun menemukan berbagai promo yang menarik, dari program diskon langsung, lalu ada pula potongan harga dengan berbelanja sekian Rupiah dan sekian volume barang dengan berbagai macam variasi promo, hingga ada pula situs yang menyediakan semacam cashback, dan ada pula yang memberikan langsung bingkisan hadiah menarik jika berbelanja produk dengan sejumlah total belanja tertentu!

Nah.. dengan begitu banyak promo yang ada, maka kita harus lebih bijak dalam menyikapinya. So, yuk simak 3 tips belanja kebutuhan Ramadhan cermat dan hemat, berikut ini :

1. Tentukan target belanja

Seperti yang disampaikan diawal tulisan diatas, maka tips yang saya bisa bagikan yaitu sebaiknya kita berbelanja dengan target tertentu, waduh belanja pakai target segala?! tenang sob, maksudnya agar ketika berbelanja nanti, dilakukan secara terencana dan sesuai kebutuhan kita.

Dengan memiliki target yang dimaksud yaitu kita tahu pasti barang apa dan seperti apa yang kita benar-benar dibutuhkan, dan tentunya kita melakukan riset kecil-kecilan, membaca review sana-sini, dengan tetap memperhatikan anggaran yang sudah kita tentukan. Kemudian tentukan batas waktu dalam berbelanja, bisa saja kalau terlalu memakan waktu lama menimbang-nimbang, periode promo diskonnya bisa-bisa sudah lewat atau barangnya sudah habis terjual, dan kalau bisa jangan kelayapan membeli barang-barang lain yang tidak dibutuhkan, gara-gara kelamaan window shopping :)

2. Cari & bandingkan beragam produk dengan tawaran promo diskon yang menarik

Nah.. setelah membahas soal target belanja, maka selanjutnya menentukan tempat belanja yang memberikan promo diskon atau pun cashback yang oke punya yaitu ShopBack.  Wah tapi jangan khawatir, ShopBack bukan sebuah toko online yang menjual langsung produk yang kita inginkan, tetapi merupakan semacam wadahnya semua toko online, ecommerce, maupun marketplace favorit kamu, yang menyediakan beragam produk.

 

Shopback.co.id

Shopback.co.id
Shopback.co.id

 

Menariknya, jika kita mendaftar Shopback dan berbelanja di toko online melalui Shopback , maka akan mendapat uang tabungan berupa cashback ketika kita berbelanja nanti, dan cashback tersebut dapat dicairkan langsung ke rekening kita.

ShopBack memberikan kemudahan untuk saya, karena dengan beragam produk yang ditawarkan plus mendapat cashback di semua toko online, ecommerce, maupun marketplace favorit saya.  Selain berbelanja kebutuhan Ramadhan, kita juga bisa melakukan pembelian pulsa, pembelian tiket pesawat atau kereta, pemesanan hotel, sampai membeli tiket acara maupun melakukan transaksi terkait Uber atau Grab misalnya.

 

shopback.co.id

 

Untuk sesi belanja kali ini, saya merasa membutuhkan tambahan storage, karena dengan semakin banyaknya file, foto, video, dan aplikasi di handphone, maka dirasa perlu untuk membeli external storage handphone, agar ketika acara kumpul-kumpul, misal acara buka puasa bersama atau ketika mudik dan Lebaran nanti biar puas foto-foto dan menyimpan berbagai file, sekaligus mencoba beragam aplikasi handphone lainnyaselain itu, saya pun berniat membeli tiket kereta untuk mudik nanti, jadi dengan kebutuhan tersebut, saya mulai pencarian untuk belanja kebutuhan Ramadhan tersebut.

Melalui ShopBack, saya berbelanja kartu MicroSD untuk tambahan bagi external storage handphone. Setelah tahu spesifikasi produknya dengan membandingkan sana-sini di beberapa toko online, kemudian cek promo cashback di ShopBack juga, maka saya putuskan membeli di Lazada berupa MicroSD SanDisk Ultra Micro SDHC class 10 yang 32 GB.

Oia.. saran saya jangan lupa login dulu dari situs ShopBack, kemudian masuk ke halaman ShopBack di bagian toko online favorit, yaitu Lazada dan Tokopedia, setelah itu nanti kita akan dibawa secara otomatis ke Lazada dan Tokopedia untuk berbelanja disana, dan jangan tutup window atau tab di browser agar ShopBack dapat mencatat dan merekam transaksi kita, dan tentunya jika langkah-langkahnya benar, nanti kita akan mendapat cashback dan dapat dicairkan langsung ke rekening kita.

 

 

3. Perhatikan pilihan metode pembayaran

Nah.. untuk tips terakhir ini saya tahu baru akhir-akhir ini, karena dengan kemudahan beragamnya metode pembayaran yang bisa dilakukan, baik melalui Tokopedia atau Lazada, saya menemukan program diskon bahwa jika berbelanja dengan menggunakan pembayaran dengan beberapa bank terpilih, misalnya mendapat potongan diskon tambahan jika melakukan pembayaran dengan kartu kredit dengan menggunakan Visa atau Master Card. Jadi selain melihat promo produknya, jangan lupa perhatikan promo dari bank-bank terpilih untuk metode pembayaran yang nanti dilakukan, jadi kita dapat berbelanja cermat dan hemat.

 

#ShopBackinAja

Jadi setelah mencari dan mendapat barang yang oke punya, dengan harga yang tergolong murah, lalu berbelanja dengan adanya cashback plus melakukan metode pembayaran yang tepat, jadi selanjutnya yuk belanja kebutuhan Ramadhan melalui ShopBack dan jangan lupa lakukan transaksi belanja seperti tips yang saya sampaikan diatas sob, niscaya semoga dapat bermanfaat dan barokah!

Jadi mulai dari sekarang saya kalau belanja yaa #ShopBackin aja, karena kemudahan dan potongan cashback yang lumayan didapat dan jangan lupa sering-sering cek promo di ShopBack dan toko online, ecommerce, maupun marketplace favorit kamu ya.

Nah.. untuk memudahkan, saya biasanya menyambangi dan ikut aktivitas komunitas ShopBack (Shopbackers) berikut agar tidak terlewat promo dan info kegiatanya :

 

 

 

 


Referensi :

Informasi program promo Lazada & Tokopedia di ShopBack :

  • https://www.shopback.co.id/lazada
  • https://www.shopback.co.id/tokopedia

 

Ayo Kasih Komentar Dong - Leave a Reply