Computer Festival UI 2009

Sabtu lalu, saya berakhir pekan di Depok, yang saya sempatkan untuk berkunjung ke Computer Festival UI 2009 yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fasilkom UI. Sebelum memperhatikan dengan detil, saya pikir akan seperti “another computer expo” yang isinya jualan komputer beserta segala atributnya, namun ternyata berisi pameran dari komunitas-komunitas TI dan dibumbui oleh sesi acara bincang-bincang dan diskusi. Dilihat dari konsep acaranya lumayan orisinil, yaitu mengumpulkan komunitas terkait dunia Teknolgi Informasi di Indoensia, seperti MUGI (Microsoft User Group Indonesia), KPLI Linux, Mac User Indonesia, MySQL Indonesia, UI Robotics Team, komunitas open source, dan komunitas lainnya.

Tokoh-tokoh yang datang saya pikir cukup mumpuni dari Depkominfo, Depdiknas, Rekorat UI, Telkom, MUGI, Microsoft, Sun Microsystem, Ilmukomputer.com, serta ahli lainnya. Dari acara tersebut banyak terdapat stand-stand dari komunitas tersebut, seperti Mac User Indonesia, KPLI Linux, MUGI, maupun Web-Net contohnya, seperti hasil jepretan kamera saya dibawah ini.

Dalam pameran tersebut juga dipamerkan hasil pengembangan aplikasi dan sistem dari hasil karya sivitas akademika Fasilkom UI, dari aplikasi sederhana seperti quiz, bulletin board, hingga aplikasi canggih seperti aplikasi pemodelan 3D, SIAK-NG yang merupakan sistem akademik yang digunakan UI, aplikasi manufaktur hingga program permainan (games).

Di pameran tersebut juga diadakan kompetisi dalam pengembangan robot, yang saya anggap sebagai salah satu magnet acara ini.  Terlihat dari keriuhan peserta maupun pengunjung ketika berada di area kompetisi robot tersebut.

Acara CompFest juga disertai hiburan dari band dan kelompok paduan suara mahasiswa Fasilkom UI, yaitu Asciipela, serta guest star Tangga!! Amat disayangkan acara seperti ini kurang dari sisi promosi, saya pribadi tahu beberapa hari sebelumnya, dan menurut saya perlu digalakkan acara (bertema komputer) dengan format dan konsep yang berbeda, seperti acara Compfest ini, yang mengumpulkan komunitas-komunitas TI Indonesia, yang mereka kadang-kadang hanya berinteraksi di dunia maya, dan bisa kopi darat di acara seperti ini, sekaligus bersosalisasi, bercanda, berdiskusi, nggosip, sampai bernarsis massal di tempat publik, terbukti dari beberapa saya lihat di stand komunitas tersebut…  n_n

10 thoughts on “Computer Festival UI 2009”

  1. kalau masalah promosi sih agak kesulitan…

    media partnernya gak terlalu bervariasi dan menjangkau semuanya…

    thanks yah dah datang…

  2. Salam,

    terima kasih juga telah datang ke blog saya.

    Nah itu dia, anda dan panitia jangan tergantung dengan pihak eksternal (media partner), dan seharusnya lebih kreatif, dan harus dijelaskan juga dari konsep acara anda, yang datang target pengunjungnya siapa.

    saran saya bisa dengan memaksimalkan tim promosi & publikasi acara anda dengan :

    1. ajakan personal dengan sistem viral marketing, yaitu dari mulut ke mulut, obrolan santai, sounding ke teman2 fakultas lain, jika target anda sivitas akademika UI dan lngkungannya, terbukti ampuh, yaitu meniru konsep MLM.

    2. manfaatkan milis, milis bisa menjangkau wilayah serta audience yang luas, lagipula target anda adalah komunitas TI yang notabene kebanyakan “warga dunia maya”

    3. manfaatkan situs jejaring sosial, seperti Freindster, Myspace, Facebook, Multiply, Hi5, Fupei, dsb.

    4. manfaatkan forum yang terkenal dengan massa yang banyak.

    sekian saran dan pendapat saya, semoga bermanfaat.

  3. Halo luqmansyaugi..

    trims sudah datang ke blog saya juga yaa..

    Saya tidak sempat nonton Tangga, maklum ada acara/janji di tempat lain, tapi saya dengar cerita dari teman saya, memang katanya seru!!

    Tapi saya pernah lihat penampilan mereka di acara musik lain. Lainkali undang artis/musisi yang banyak, agar CompFest tahun selanjutnya jadi lebih semarak tanpa melupakan esensi acaranya.

  4. Terima Kasih tips untuk publikasinya, dan terimakasih uga telah berpartisipasi di acara ini.

    Tetapi semua itu (tips di atas) kami rasa telah dilakukan oleh panitia.

    Panitia HPD COMPFEST 2009

  5. Terima Kasih tips untuk publikasinya, dan terimakasih juga telah berpartisipasi di acara ini.

    Tetapi semua itu (tips di atas) kami rasa telah dilakukan oleh panitia.

    Panitia HPD COMPFEST 2009

  6. Salam akatsuki,

    terimakasih juga telah datang di blog saya.
    urusan publikasi dan promosi memang menjadi salah satu ujung tombak dalam kesuksesan acara.

    Sukses yaa..

Ayo Kasih Komentar Dong - Leave a Reply