Deklarasi Locana Indonesia

Locana Indonesia

 

Setelah sekian lama menimba ilmu, baik dengan membaca, berdiskusi, lalu hingga turun ke lapangan dan menyusuri jalanan di berbagai sudut tempat untuk praktek dan hunting, lalu mengikuti beragam acara fotografi dan bersosialisasi  dengan berbagai komunitas fotografi, akhirnya saya memutuskan  mengembangkan sebuah komunitas fotografi bersama teman-teman saya yang sudah saya kenal sejak jaman mahasiswa dulu, mempunyai beberapa pandangan serupa, dan kedepannya bisa saling melengkapi satu sama lain dalam berkomunitas.

12 Oktober 2014 merupakan tanggal istimewa bagi saya, dan dua teman saya Isal dan Marno. Di tanggal tersebut telah lahir sebuah komunitas fotografi Locana Indonesia. Dengan tujuan untuk menjalin silaturahim, saling belajar & berbagi terkait fotografi, serta memiliki beberapa pandangan sama tidak hanya fotografi, namun terkait perihal budaya, masyarakat, dan Indonesia.

Snapshot LocaGuys di Balai Kota Bogor (via kamera Isal)
Snapshot LocaGuys di Balai Kota Bogor (via kamera Isal)

 

Keinginan secara resmi berkomunitas dengan fokus fotografi, sudah menjadi wacana jauh-jauh hari sebelumnya, ketika para pendiri sering berbincang bersama terkait minat masing-masing, maupun membahas aktivitas masing-masing, serta membahas perihal berita terkini. Hasrat pun memuncak untuk mendeklarasikan komunitas Locana Indonesia, setelah para pendiri akhirnya memiliki kamera masing-masing, serta keinginan untuk hunting serta berdiskusi soal fotografi menjadi sebuah aktivitas yang rutin.

Deklarasi Locana Indonesia dilaksanakan bersamaan dengan hunting  ke Bogor. Kebetulan pada hunting tersebut saya bertugas sebagai fixer dan memandu The LocaGuys, julukan khas untuk anggota Locana Indonesia. Rute yang disiapkan dan dilalui berawal dari stasiun Bogor, Taman Topi, lalu menyusuri Jembatan Merah menuju Museum Perjuangan, PGB, kemudian beralih ke Pasar Anyar, Mesjid Agung, lalu menuju ke Balai Kota Bogor, dan berakhir kembali ke Stasiun Bogor.

Di Balai Kota Bogor akhirnya LocaGuys memutuskan untuk membuat foto di depan gedung balai kota, dan dengan simbol dari dokumentasi foto tersebut, maka Locana Indonesia dideklarasikan dan secara resmi telah berdiri. Acara hunting bersama tersebut akhirnya ditutup dengan jamuan makan malam  di daerah Tebet, dengan sesi review foto, yaitu mengulas hasil berburu foto di Bogor, kemudian berdiskusi terkait kegiatan Locana Indonesia kedepannya.

Locana Indonesia berkomitmen dan berusaha membudayakan dalam kegiatannya agar bisa direncanakan dan terkonsep terlebih dahulu, terutama ketika aktivitas hunting, meskipun dalam aliran dan pendekatan fotografi yang LocaGuys pahami, bahwa element of surprise dan decisive moment sangat dihargai. Selain itu,  LocaGuys mencoba membangun pemahaman untuk merasakan, meresapi,  dan merekam fragmen-fragmen kehidupan di berbagai penjuru tempat. Lalu ditahap selanjutnya, LocaGuys mencoba menceritakan dan mengekspresikannya melalui media visual, khususnya fotografi.

Bentuk paling konkrit yang LocaGuys lakukan dalam upaya menceritakan dan mengekspresikan melalui media visual tersebut, dibutuhkan media publikasi yang bisa diakses luas oleh pihak eksternal, sehingga  bisa dinikmati dan diapresiasi, melalui akses internet, dan media publikasi yang dipilih hingga saat ini yaitu melalui blog.

Silahkan menikmati hasil kreasi LocaGuys, dan tidak lupa ajakan untuk diskusi melalui media online dan undangan kopdar, LocaGuys buka akses dan kesempatannya :)

Blog Locana Indonesia bisa diakses melalui tautan ini.

2 thoughts on “Deklarasi Locana Indonesia”

    1. makasih sudah bertamu kesini ya fikrimaulana

      wah jadi enak nih jadi dikagumi hahaha 😀
      anyway kita sama-sama belajar, fotografi kan bukan ilmu pasti, lagipula fotografi bagian dari seni juga, jadi soal pemahaman dan selera.

      Oia jangan lupa berkunjung ke blog Locana Indoensia ya : locanaindonesia.wordpress.com

Ayo Kasih Komentar Dong - Leave a Reply