Festival Gerakan Indonesia Mengajar

 

Pada Sabtu 5 Oktober yang lalu, bertempat di Ecovention Hall Ancol, saya berkesempatan mengikuti dan berpartisipasi dalam acara sosial bertajuk Festival Gerakan Indonesia Mengajar  dengan tujuan mendukung gerakan pemberdayaan dan memajukan pendidikan anak-anak Indonesia. Festival ini merupakan salah satu inisiatif yang diprakarsai oleh gerakan Indonesia Mengajar, yaitu sebuah gerakan pemberdayan pendidikan dari, oleh, dan untuk anak muda Indonesia. Seperti yang dituturkan oleh Indonesia Mengajar dalam rilis resminya, yaitu disarikan sebagai berikut :

 “Indonesia Mengajar meyakini bahwa kehadiran putra-putri terbaik Indonesia sebagai guru akan ikut mendorong peningkatan kualitas pendidikan kita. Melalui Indonesia Mengajar, para calon pemimpin memiliki kesempatan mengembangkan pemahaman akan akar rumput Indonesia, yang beraneka ragam dan memiliki persoalan-persoalan yang juga kompleks. Indonesia Mengajar memfasilitasi para guru tersebut (disebut Pengajar Muda ) untuk tinggal, hidup dan belajar dari masyarakat setempat selama  satu tahun. Mereka bekerja di sekolah dasar dan tinggal di rumah penduduk bersama keluarga baru mereka. Tantangan, hambatan dan segala pengalaman akan membentuk karakter kepemimpinan sekaligus merajut tenun kebangsaan yang lebih kokoh”

jika ingin tahu lebih lanjut mengenai Indonesia Mengajar, cekidot link situs ini  siapa tahu berminat dan ingin berpartisipasi lebih lanjut menjadi Pengajar Muda..     Oke masbro & mbaksis.. kita kembali ke Festival Gerakan Indonesia Mengajar  :)  Ayo #KerjaBakti

 

Untuk saya pribadi, yang dahulu suka beraktivitas di berbagai kegiatan kemahasiswaan dan kegiatan sosial  (dan menjadi (sok) aktivis :) haha)  konsep dari festival ini menurut saya cukup orisinal dan fresh, yaitu membuat suatu konsep  acara yang sesuai dengan filosofi kehidupan kita sebagai orang Timur, khususnya orang Indonesia yang (sebenarnya) suka kerja bakti serta gotong royong dalam membantu sesama.

Daaann hasilnyaaa di festival ini, tuumpaah ruuaah.. tumplek blek!! terlihat ketika saya mulai dari pagi hari, yaitu semenjak dari pintu masuk Ancol, dalam perjalanan, hingga memasuki pintu masuk festival ini, serta ketika sudah didalam gedung tersebut, terlihat sudah ribuan orang telah datang dan meramaikan festival ini dari berbagai kelompok, institusi, individu, keluarga, kampus… semua orang berpartisipasi dalam Festival Gerakan Indonesia Mengajar ini!!  haha #lebay 😀

Filosofi #KerjaBakti dan gotong royong yang Indonesia banget, dipadu dengan konsep permainan #KerjaBakti yang menurut saya seperti #KerjaBakti dalam suatu wahana-wahana permainan tersendiri, yang dimainkan baik secara individu dan sebagian besar diarahkan bermain dilakukan secara berkelompok, sehingga setiap wahana kita berkesempatan bermain dengan orang yang berbeda serta dibuat acak. Dengan bermain secara kelompok tersebut, kita bisa saling mengenal relawan-relawan lain, sehingga terjalin jejaring relawan, lalu bisa berdiskusi, mendengar kisah dan cerita lucu seru mereka, sekaligus saling bekerja sama dalam wahana-wahana permainan tersebut. Berikut wahana permainan yang ada di Festival Gerakan Indonesia Mengajar :

Saya pribadi suka bermain dalam permainan dan berkompetisi, sehingga #KerjaBakti tersebut saya anggap seperti wahana permainan, dan ada beberapa wahana permainan yang mengharuskan kita saling berlomba paling cepat, paling lengkap, paling baik, dan paling kreatif dibandingkan dengan kelompok lainnya, dibantu serta difasilitasi oleh pihak panitia melalui fasilitator wahana tersebut.

Jika kita bisa menyelesaikan suatu permainan tersebut, maka akan mendapatkan semacam badge berupa stiker-stiker yang ditempelkan di name tag kita masing-masing sebagai recognition atas kerja bakti ini.. lucu juga yaa konsep badge ini sebagai suatu reward and recognition-nya menurut saya  :)

 

Dari acara festival ini, saya pribadi mendapat semacam insight, bahwa diluar sana masih banyak individu, kelompok, institusi, dan banyak orang yang (masih) peduli serta mau berbuat dan berbagi untuk sesama (diluar pemahaman dan pengetahuan saya untuk motif serta agenda masing-masing peserta relawan tersebut, yang berkontribusi di festival ini), serta masih banyak orang diluar sana yang (masih) berpikir optimis dan positif untuk (pendidikan) Indonesia.

Untuk saya, festival ini bisa menjadi semacam wadah, tempat berkumpul, rumah untuk melakukan sebuah aksi nyata, sebuah aktualisasi diri untuk membantu sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing.. langkah dan aksi kecil  yang saya lakukan ini, (mungkin) kurang berdampak, namun jika dilakukan serentak dan dilakukan secara masif-massal seperti yang dilakukan di Festival Gerakan Indonesia Mengajar untuk Indonesia yang lebih baik, maka menurut saya dapat memberikan efek domino dan dampak yang luar biasa, serta membuat saya pribadi menjadi lebih optimis dan berpikir positif, tidak hanya untuk Indonesia, namun kehidupan saya sendiri.

Festival Gerakan Indonesia Mengajar menurut saya bisa menjadi pintu gerbang baik setiap individu maupun institusi yang terlibat untuk berbuat lebih banyak lagi di masa depan, yang berawal dari ajang kerja bakti dan gotong royong di festival ini, untuk dapat berjejaring serta bekerja sama dan berdiskusi lebih lanjut, serta membuat inisiatif berupa kegiatan maupun program lain di masa depan, untuk mendukung pemberdayaan masyarakat Indonesia di bidang, minat dan kemampuan masing-masing, sehingga festival ini dapat menjadi pendorong serta katalisator untuk kegiatan yang bersifat kolaboratif selanjutnya di masa depan.

Selain itu, untuk saya pribadi.. event, acara, kegiatan seperti ini, bisa membuka mata saya kembali dan dengan mengkutip quotes terinspirasi dari Festival Gerakan Indonesia Mengajar yaitu sbb :

“Berhenti mengeluh tidaklah cukup.

Berkata-kata indah dengan penuh semangat juga tidak akan pernah cukup.

Lakukan aksi nyata.

SEKARANG!!”

 

TERIMAKASIH untuk fasilitator, panitia, dan relawan, serta semua pihak yang terlibat dalam Festival Gerakan Indonesia Mengajar.

Sumber :

1. http://festival.indonesiamengajar.org/

2. https://indonesiamengajar.org/

12 thoughts on “Festival Gerakan Indonesia Mengajar”

  1. ada pepatah yang pernah bilang
    “sesuatu yang besar selalu dimulai dengan sesuatu yang kecil”
    —>*eh iya gini bukan ya?* :p

    kemarin adalah hal kecil yang akan segera menjadi besar, tinggal tunggu waktu yang akan menjawabnya, semoga bantuan relawan2 yang ikut #kerjabakti di festival ini dapat segera mewujudkan harapan untuk Indonesia yang lebih baik 😀

    1. @Edgina = esensi dari pepatahnya dapet kok, so benarlah hehe :)

      iyaa, setuju 100% dengan pendapat Edgina, hal kecil ini semoga bisa paling tidak memberikan harapan untuk Indonesia yang lebih baik, serta bisa mewujudkan Indonesia yang lebih baik kedepannya..

      btw makasih loh sudah berkunjung ke blog ardikapercha.com

      salut juga sama Edgina dkk.. sudah jauh-jauh datang dari Jogja ke Ancol Jakarta untuk bisa ikut & berpartisiapsi di festival ini.. luar biasa kalian 😀

  2. Baru kali ini saya ikut kerja bakti lagi. Belom pernah ngerasain hal yang kayak gini. Acaranya memang bagus (tapi sayang nggak sempet ikutan kelas melodi ceria) :). Yang keren tuh ada yang jauh-jauh dateng dari seberang Jawa sampe orang asing pun juga ada yang ikutan. Salut deh pokoknya :).

    1. @loco_loco = yiihhaa betul.. saya juga sudah lama nggak kerjabakti seperti ini, saya anggap seperti wahana permainan saja, biar enjoy 😀
      yap betul.. saya sempat ngobrol & bermain bersama di wahana tersebut dengan beberapa orang dari luar kota, seperti @edginatanya:disqus yang datang jauh-jauh dari Jogja loh !!

    1. @ayuemiliandini:disqus = BAKAR BAKAR BAKAR!!
      hahaha iya betul ayu, konsep acara & ketika bermain di wahana itu benar-benar membakar semangat, rasa capek juga hilang, malah mau main terus hahaha 😀

        1. iiiyyyaaa @ayuemiliandini:disqus BAKAR tahun depan yaa!!! hahahaha
          jangan lupa ajak teman sekampung sekalian juga 😀

          1. siaaappp!!!! anyway, tadinya ngarep tampang gw nemplok di salah satu foto ahahaha nampaknya gw kurang beruntung.

  3. terimakasih untuk artikelnya ya mas Percha..
    setuju!! bersyukur banget bisa ikut kerja bakti tadi,
    ada upacara bendera pula yang buat kangen sama suasana SD,
    FGIM, seruuu!! 😀
    semoga tahun depan diadakan lagi, AMIN
    semoga bisa ikut lagi tahun depan, AMIN

    1. iya @basanovasiregar:disqus sama-sama ya
      betull sudah lama nggak upacara bendera, jadi kangen masa-masa upacara dulu hehe 😀
      Amin!!

Leave a Reply to Edgina Tanya Cancel reply