Indonesia Dalam Infografik - Ardika Percha

Indonesia Dalam Infografik

 

Event Indonesia Dalam Infografik
Event Indonesia Dalam Infografik

 

Pada bulan 19 Agustus 2014 yang lalu, saya berkesempatan mengunjungi event  pembukaan pameran dan peluncurkan buku bertajuk “Indonesia Dalam Infografik”  yang diselengarakan oleh Harian Kompas. Bertempat di Bentara Budaya Jakarta,  Harian Kompas menyelenggarakan event tersebut dalam rangka menyambut perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke 69 tahun. Di dalam buku tersebut, termuat 45 karya infografik pilihan dan 8 artikel tentang infografik dari 17 desainer infografik yang pernah diterbitkan di Harian Kompas.

Dalam pembukaan acara tersebut, diselenggarakan diskusi yang menghadirkan beberapa narasumber yaitu Lim Bun Chai selaku desainer infogafik senior Kompas, lalu menampilkan Iwan Meulia Pirous yaitu dosen dan antropolog dari Universitas Indonesia, serta juga tidak ketinggalan hadir pula Dik Doank, sebagai pelaku industri dan desainer grafis.

Lim Bun Chai memaparkan periode awal Harian Kompas dalam penggunaan infografik yang masih dibatasi oleh teknologi dan metodologi dalam desain grafis, termasuk isu di bagian pencetakan. Namun Lim menambahkan bahwa ketika teknologi dan metode yang digunakan semakin  maju dan mudah digunakan, tidak serta merta permasalahan sudah usai, karena tantangannya pun semakin bertambah, yaitu bagaimana data yang tersedia tersebut, bisa disampaikan semakin mudah dimengerti oleh pembaca melalui sebuah infografik yang menarik. Terkait hal tersebut, Iwan Meulia memaparkan semakin berkembangnya teknologi disertai kemudahan dalam akses, serta didukung oleh kebutuhan kita yang menginginkan informasi lengkap yang mudah dan cepat dikonsumsi,  maka perkembangan infografik menjadi tidak terelakkan sebagai sebuah media yang menampilkan informasi secara visual.

Lim Bun Chai pun melanjutkan pemaparan serta memberikan penekanan penting, bahwa dalam pembuatan infografik yang merupakan bagian dari jurnalisme, maka keakuratan data dan fakta menjadi poin penting yang diperhatikan, sehingga kerapkali tim Infografik Harian Kompas berhubungan dengan tim Litbang Kompas maupun sumber terpercaya lainnya terkait akurasi data. Kreativitas dalam memadatkan data dan fakta yang tersedia tersebut pun dibutuhkan, karena infografik adalah salah satu bentuk jurnalisme modern yang memberikan sudut pandang pemberitaan yang berbeda dan ditampilkan dalam bentuk visual yang menarik untuk dinikmati pembacanya.

Dik Doank menuturkan bahwa semenjak kecil kita sebagai manusia lebih dulu kita dikenalkan dan diajarkan untuk menggambar terlebih dahulu, untuk mengekspresikan imajinasi kita, bukan diminta untuk membaca ataupun berhitung. Dalam pembuatan desain rancangan suatu karya, kita diminta untuk membuat gambar rancangan terlebih dahulu, setelah itu baru melakukan pembangunan dari hasil gambar tersebut. Terkait buku “Indonesia Dalam Infografik”, Dik Doank memaparkan pembaca diajak untuk melihat lebih mendalam dengan menyelami langsung informasi yang tersedia dalam bentuk visual, sehingga infografik tersebut sebagai media baru untuk visualisasi suatu fakta dan persitiwa yang terjadi.

Buku Indonesia Dalam Infografik
Buku Indonesia Dalam Infografik

 

Diskusi Indonesia Dalam Infografik
Diskusi Indonesia Dalam Infografik

 

Dalam diskusi buku “Indonesia Dalam Infografik” mendapat beberapa masukan dan tanggapan dari peserta yang menghadiri diskusi tersebut, salah satunya agar menyarankan perilisan edisi berbahasa asing, khususnya bahasa Inggris, dikarenakan kesemua infografik pilihan tersebut menampilkan informasi mengenai Indonesia secara gamblang disertai dengan desain infografik yang menarik, sehingga pembaca asing juga bisa ikut menikmati dan mengapresiasi buku tersebut. Terkait hal tersebut, Lim Bun Chai memaparkan bahwa tim infografik Kompas memang sudah merencanakan hal tersebut dan sedang dalam tahap pengembangan untuk dialihbahasakan ke bahasa Inggris, sehingga dapat menjangkau pembaca berbahasa Inggris.

Lalu tanggapan lainnya, yaitu infografik yang ditampilkan Kompas telah menjadi acuan dalam hal mempresentasikan sebuah informasi visual berdasarkan data dan fakta, serta memiliki gaya yang tersendiri dan khas dalam lingkup infografik Indonesia, khususnya terkait penggunaan infografik pada ranah jurnalisme. Iwan Meulia pun menambahkan bahwa pembuatan infografik selanjutnya bisa semakin mendalam untuk mengangkat informasi mengenai keindonesiaan, contohnya mengenai informasi museum dan budaya Indonesia, yang bisa ditampilkan dalam desain infografik yang menarik.

Lim Bun Chai berulangkali memberikan apresiasi tinggi ke tim Infografik Harian Kompas yang secara disiplin dan konsisten, tanpa melupakan standar acuan yang dimiliki Kompas, termasuk standar dalam hal hasil akhir di  pencetakan, dan tetap bisa menghasilkan karya infografik yang menarik. Lim menambahkan bahwa infografik yang dihasilkan Harian Kompas tidak hanya secara teknis memiliki standar hasil akhir yang baik, namun kreativitas grafis yang dituangkan dalam infografik tersebut patut diapresiasi tinggi.

Saya pribadi cukup puas atas event tersebut, baik dari sisi penyelenggaraan acara, pameran dengan menampilkan infografik terpilih, serta acara diskusi yang memberikan saya wawasan & insight baru mengenai perkembangan dunia jurnalistik terkait  infografik, lalu bagaimana pandangan sebuah harian besar tradisional menanggapi perkembangan jaman dengan gelombang baru penyampaian informasi berupa medium infografik yang disampaikan tetap sesuai dengan kaidah jurnalistik, hingga pandangan dari berbagai narasumber dari desainer, antropolog, jurnalis, hingga tim infografik Kompas sendiri.

Tim Infografik Kompas
Tim Infografik Kompas

 

Sebuah persembahan Harian Kompas Untuk Indonesia
Sebuah persembahan Harian Kompas Untuk Indonesia

 


Tautan Luar :

  1. Situs Harian Kompas : http://print.kompas.com/
  2. Situs Indonesia dalam Infografik : http://idinfografik.com/
  3. Akun Twitter Indonesia Dalam Infografik : https://twitter.com/idinfografik
  4. Situs Bentara Budaya : http://www.bentarabudaya.com/

– Artikel ini juga hadir di Portal Indonesia Kreatif (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) = http://news.indonesiakreatif.net/infografik-kompas/

 

8 thoughts on “Indonesia Dalam Infografik”

  1. Wah iya kalau dalam bentuk info grafik gitu pasti menarik. Cuma kira-kira isinya kayak apa ya? Apakah grafiknya mudah dipahami oleh anak-anak baru gede seperti saya?

    1. wah infografik isinya macam-macam bro, dari informasi pergerakan harga sembako, valas, sampai cerita di sekitar kita sih, kan namanya saja INFOGRAFIK, so informasi yang dibuat visualisasi or mudahnya, informasi yang dibuat dalam bentuk gambar/visual.

      kalau menurut saya sih, infografik bisa dinikmati segala umur, dan menurut saya infografik ada hubungan saudara dengan komik loh 😀
      so, anak baru gede kayak bro Erick bisa dong menikmatinya :)

  2. Eranya sudah demikian maju untuk ranah pemberitaan jurnalisme infografik sangat support ya masbro Ardi.Saya yg penulis abal2 juga masih terus belajar infografis untuk blogspot saya 😁
    Salam kenal n sukses selalu untuk karya-karyanya👍

    1. Halo Cputriarty,
      salam kenal juga sis.
      wah sekarang memang infografis bisa jadi alternatif pilihan dalam menampilkan informasi teks yang panjang,
      lagipula infografis memang lebih memanjakan mata dengan keindahan visual dan informasi yang ditampilkan harus berbobot pula.
      Terima kasih ya

Ayo Kasih Komentar Dong - Leave a Reply