Kelas Inspirasi & Dunia Pendiidikan Indonesia - Ardika Percha

Kelas Inspirasi & Dunia Pendidikan Indonesia

 

Education is the most powerful weapon which you can use to change the world (Nelson Mandela)

Seperti yang disampaikan Mandela, pendidikan adalah senjata terkuat yang bisa digunakan untuk merubah dunia. Hal tersebut bisa dibuktikan dari sejarah dan pengalaman Mandela sendiri. Setelah mengenyam pendidikan universitas, yang notabene ketika itu pendidikan hanya dapat diikuti oleh sejumlah elit, kemudian Mandela kembali ke masyarakat umum dengan bekerja sebagai ahli hukum, lalu dalam keseharian melihat kondisi bangsanya terdapat adanya diskriminasi ras dan warna kulit. Dengan bekal pendidikan dan wawasan yang dimiliki Mandela, maka beliau terpanggil melakukan gerakan menuntut kesetaraan di segala bidang kehidupan dan menjadi sebuah gerakan kemanusiaan yang bersifat masif, dan akhirnya mampu melakukan perubahan serta membuka mata dunia atas isu kesetaraan tanpa memandang ras dan warna kulit tersebut.

akses menuju kelas
akses menuju kelas

 

suasana kelas
suasana kelas

 

Seperti kisah Mandela terkait kesetaraan pada akses pendidikan, pendidikan mampu membuka wawasan, peluang, dan membuka kesempatan hidup yang lebih baik, serta bisa dapat meningkatkan kualitas hidup di masa depan. Bagi sebagian orang yang beruntung memliki akses untuk bersekolah dan menerima program pendidikan yang baik serta berkualitas, serta sebagian lainnya yang lebih beruntung, mendapatkan dan diberikan wawasan, pengetahuan, serta menerima mentoring apa yang akan mereka lakukan kedepannya, serta profesi apa yang akan mereka pilih di masa depan sesuai minat dan bakat masing-masing. Selanjutnya mereka dapat tumbuh dan berkembang memenuhi kebutuhan hidupnya. Setelah itu, mereka naik ke tahapan selanjutnya,  yaitu pada tingkat dimana mereka dapat dan mau memberi, serta berkontribusi ke masyarakat untuk proses eksistensi diri, aktualisasi diri, dan melakukan pengabdian ke masyarakat, yang merupakan salah satu tujuan pendidikan tersebut.

Indonesia yang kita kenal memiliki beberapa isu dalam pengembangan sumber daya manusianya, sehingga kita memang dapat tumbuh dan berkembang, namun belum sepenuhnya menunjukkan kemampuan maksimal dan memanfaatkan potensi secara penuh dalam membangun kehidupan masyarakat, serta dapat hidup berbangsa  serta bernegara lebih baik lagi.

Dan terkait hal tersebut, maka obat mujarabnya yaitu salah satu yang terpenting melalui pendidikan yang baik, berkualitas, merata, konsisten, berkesinambungan,  dan memiliki keterhubungan dengan industri profesional terkait pemenuhan tenaga kerja, perkembangan ilmu pengetahuan, membuka lapangan pekerjaan baru dan inovasi berkelanjutan, sehingga mendukung perkembangan positif di berbagai bidang kehidupan.

bermain & belajar
bermain & belajar

 

wajah pendidikan
wajah pendidikan

 

Dari isu diatas, maka program Kelas Inspirasi lahir, yaitu sebuah gerakan pendidikan, yang merupakan bagian dari gerakan Indonesia Mengajar,  yaitu sebuah gerakan untuk mendukung dan memajukan pendidikan Indonesia. Program Kelas Inspirasi tersebut dikhususkan bagi para pekerja dan profesional dari berbagai sektor industri dan berbagai profesi untuk sukarela berkontribusi dengan mengajar serta menginspirasi adik-adik pelajar dalam satu hari diberbagai sekolah dasar.

Terdapat 7 sikap dasar Kelas Inspirasi yang diterapkan dalam pelatihan, diskusi, serta perencanaan serta implementasi program Kelas Inspirasi hingga sampai di lapangan dan di kelas, yaitu kegiatan yang dilakukan relawan Kelas Inspirasi, didasari secara sukarela tidak dibayar serta tulus atas kemauan dan inisiatif peserta sendiri, serta bebas kepentingan mana pun, karena bertujuan untuk kemajuan pendidikan Indonesia. Lalu tidak mengeluarkan biaya alias gratis dalam mengikuti Kelas Inspirasi, mau dan siap belajar  serta terbuka untuk berdiskusi serta menerima masukan dari peserta program Kelas Inspirasi lainnya. Selain itu, relawan diharapkan ambil bagian langsung untuk terlibat dalam program Kelas Inspirasi, serta mau dan bersiap silaturahmi dengan semua pemangku kepentingan dari pihak panitia, sesama relawan, pihak sekolah, dan adik-adik pelajar kita.

Relawan Kelas Inspirasi yaitu para profesional yang setelah sekian lama berkutat dengan dunia pekerjaan dalam kesehariannya, ada sebagian peserta yang merupakan pemangku kepentingan di perusahaan besar sebagai direksi dan top eksekutif, dan dengan luar biasanya mereka mau membagi sebagian waktunya didedikasikan sebagai relawan dangan terlibat dalam program Kelas Inspirasi, untuk mendukung kemajuan pendidikan Indonesia.

Para pekerja dan profesional tersebut merasa terpanggil untuk menyediakan waktu, tenaga, serta pikirannya untuk berkontribusi nyata dan membantu sesama, dengan terlibat di dalam Kelas Inspirasi dengan mengajar, menginformasikan, memotivasi, mendengar curahan cerita dan berkomunikasi dengan adik-adik pelajar, serta sekaligus  memberi semangat positif dan menginspirasi adik-adik di sekolah dasar secara serentak, sehingga menjadi gerakan pendidikan yang masif.

kepala sekolah
kepala sekolah

 

Adik-adik SDN Susukan 03 Pagi
Adik-adik SDN Susukan 03 Pagi

 

Kelas Inspirasi yang dilakukan pada kesempatan kali ini dilakukan di SDN  Susukan 03 Pagi Ciracas Jakarta, sebuah sekolah dasar negeri di daerah pinggiran Jakarta, dekat dengan area terminal Kampung Rambutan, dengan siswa-siswa dari berbagai macam latar belakang, baik dari anak dengan orang tua bekerja sebagai PNS, pegawai swasta, pedagang, hingga pekerja informal.

Pelaksanaan Kelas Inspirasi di SDN Susukan kali ini dilakukan bersama dibantu oleh beberapa Kakak Pengajar selaku Inspirator dibantu oleh Dokumentator dalam dokumentasi program Kelas Inspirasi, yang berasal dari berbagai profesi dan tinggal di Jakarta dan sekitarnya, mulai dari profesi sebagai manajer operasional, brand manager, manajer keuangan, dokter klinis, penulis, jurnalis, hingga animator.

upacara
upacara

 

tatapan masa depan
tatapan masa depan

 

SDN Susukan 03 Pagi
SDN Susukan 03 Pagi

 

Kakak Inspirator tersebut membagi cerita dan inspirasi terkait profesi dan gambaran pekerjaan mereka sehari-hari, lalu bercerita hal baik dan positif apa yang telah mereka lakukan ketika bersekolah dahulu, apa yang seharusnya dilakukan untuk berprofesi seperti Kakak Inspirator dan mencapai pekerjaan tersebut, lalu memberi semangat dan motivasi positif kepada mereka, agar tidak pernah ada kata menyerah dalam belajar dan menggapai cita-cita.

Suasana yang awalnya ramai, adik-adik pelajar SD yang maunya bermain kesana-kemari, akhirnya adik-adik mau juga menurut dan memperhatikan, setelah Kakak-kakak Inspirator mengeluarkan kemampuannya dengan memberikan semacam permainan yang esensinya membuat mereka mau menyampaikan pendapat dengan baik, berani memiliki cita-cita dan impian yang besar, serta mau bersikap yang  positif, sehingga pemberian materi pelajaran tidak hanya berupa pelajaran sehari-hari seperti IPA, IPS, Agama, Matematika, dll., namun apa yang bisa saya sebut sebagai pelajaran kehidupan, berupa bekal kehidupan ke adik-adik, dengan menularkan semangat, sikap, dan impian positif. Akhirnya dengan pengarahan yang dlakukan oleh Kakak Inspirator, perhatian mereka terpusat ke Kakak Inspirator, dan suasana kelas menjadi terkendali, bahkan banyak dari mereka meminta Kakak Inspirator agar tetap mengajar di kelas tersebut. Sebagai informasi, relawan Inspirator baik Pengajar maupun Dokumentator diberikan briefing, pelatihan, dan tips-trick praktis terkait konsep dan praktek dalam pengajaran di kelas untuk adik-adik pelajar tersebut serta pemaparan terkait dokumentasi dan mendukung pelaksanaan program Kelas Inspirasi tersebut, yang disampaikan oleh tim pakar, difasilitasi pihak panitia Kelas Inspirasi yang dilakukan jauh hari sebelumnya.

Dengan pola mengajar yang menyenangkan tersebut, sehingga adik-adik pelajar dapat turut serta belajar sekaligus bermain dengan aktif dan berdiskusi dengan Kakak Inspirator, dengan harapan adik-adik dapat menyerap  energi,  semangat, dan motivasi positif tersebut.

siapa yang tahu?
siapa yang tahu?

 

angkat jari!
angkat jari!

 

double high five!
double high five!

 

Animator
Animator

 

bapak manajer
bapak manajer

 

 

sang pencerita
sang pencerita

 

simak cerita
simak cerita

 

yak, kamu!
yak, kamu!

 

dokter cilik
dokter cilik

 

terbangkan mimpimu setinggi langit
terbangkan mimpimu setinggi langit

 

foto bersama
foto bersama

 

Dari pihak pengajar di SDN Susukan juga menyampaikan, bahwa dengan adanya Kelas Inspirasi tersebut, maka ada penyegaran bagi anak didik mereka dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu adanya pihak lain yang memberikan serta membagi ilmu dan informasi baru yang berasal langsung dari para profesional yang telah berpengalaman bekerja dibidang masing-masing, dan selain itu dapat memberi wawasan dan gambaran apa yang dipelajari dan dikerjakan oleh profesional, baik untuk profesi yang sudah dikenal dan semakin tahu, serta dapat membuka mata dan pikiran atas profesi lainnya yang belum terpikirkan sebelumnya, dengan bahasa yang mudah dimengerti dan disampaikan dengan cara yang menyenangkan.

Dengan adanya variasi dan metode alternatif materi baru yang disampaikan, Kelas Inspirasi berfungsi melengkapi kegiatan belajar yang telah berlangsung selama ini, sehingga memperkaya khazanah wawasan dan pengetahuan tidak hanya adik-adik pelajar SDN Susukan, namun juga dari sisi guru pengajar SDN tersebut.

buku gerbang pengetahuan
buku gerbang pengetahuan

 

ruang kelas
ruang kelas

 

belajar dengan gembira
belajar dengan gembira

 

cuci tangan
cuci tangan

 

bermain bola
bermain bola

 

Selain itu, dari sisi adik-adik pelajar dan pihak guru pengajar, para profesional sebagai relawan di program Kelas Inspirasi, dapat melihat dan merasakan bagaimana terjun langsung serta mengamati secara faktual dengan mata kepala sendiri kondisi pendidikan Indonesia sesungguhnya, yang masih perlu pembenahan di sana-sini. Dan selain itu, dengan adanya Kelas Inspirasi, terdapat interaksi keterhubungan dari sekolah dasar dengan industri profesional, sehingga bisa ada hubungan saling menguntungkan baik berupa saran, gagasan, atapun inisiatif dalam proses belajar mengajar,  atau bahkan aksi nyata berupa kegiatan positif lain dengan tujuan memajukan pendidikan Indonesia.

Dengan adanya kontribusi kecil bagi pendidikan Indonesia melalui program Kelas Inspirasi tersebut, berupa adanya dorongan semangat, motivasi, dan inspirasi yang diberikan oleh Kakak Inspirator, serta juga didiukung dalam penyebarluasan informasi kegiatan pendidikan yang positif ini, melalui dokumentasi berupa foto dan tulisan, semoga dapat memberikan angin perubahan untuk kemajuan pendidikan Indonesia, bahwa semua pihak dapat bertanggung jawab dan berkontribusi, tidak hanya menempatkan nasib dan masa depan pendidikan Indonesia pada pihak tertentu saja, sehingga semua pihak dapat merasa memiliki atas perkembangan dunia pendidikan Indonesia.

Lalu last not but least, tidak hanya adik-adik pelajar saja, kita juga dapat tetap bermimpi besar, berpikir positif, tetap semangat, dan tetap menginspirasi sekaligus terinspirasi dengan orang-orang baik dan positif di sekeliling kita, serta tentunya bisa dan mau berkontribusi kecil di bidang kita masing-masing, demi kemajuan Indonesia Raya!!

Kelas Inspirasi… sehari mengajar, seumur hidup menginspirasi!!

ayo semangat
ayo semangat

 

cita-cita
cita-cita

 

pulang sekolah
pulang sekolah

 

upacara & pelajar
upacara & pelajar

 

untuk pendidikan Indonesia
untuk pendidikan Indonesia

 

Tautan luar :

  1. http://kelasinspirasi.org/?page=about

 

8 thoughts on “Kelas Inspirasi & Dunia Pendidikan Indonesia”

    1. Alhamdulillah bro yah bisa ikutan Kelas Inspirasi

      Anyway saya ikut di Kelas Inspirasi jadi relawan inspirator dulu, terus ada kesempatan lagi, bantu-bantu jadi dokumentator

      serunya ya bisa melihat langsung situasi pendidikan kita sekarang, dan senang bertemu teman-teman lain yang sevisi, lalu ketemu bocah-bocah yang heboh banget 😀

    1. iya Alhamdulillah bisa ikut KI waktu itu, sampai izin cuti kerja segala loh Nova,
      wah jadi PIC-nya juga sudah keren loh, mau menyediakan waktu, pokoknya semua hebat deh yang bisa berkontribusi di Kelas Inspirasi,
      kapan-kapan sharing dong di grup ya 🙂

    1. untuk bergabung dengan Kelas Inspirasi saya biasanya nongkrongin di timeline media sosial mereka, lalu ikut proses rekrutmennya dulu, kalau lolos nanti ikut pelatihannya.. good luck ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *