Kisah Sukses Game “Tebak Gambar” menembus 1 Juta Unduhan

 

Game 1 juta unduhan
Game 1 juta unduhan

 

Siapa yang jaman sekarang tidak bermain game? Bermain game yang merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan ketika ada waktu senggang dan sekaligus salah satu media hiburan yang digemari. Dengan semakin meluasnya penggunaan smartphone dan berkembangnya ekosistem technopreneur di Indonesia, maka bermunculan produk game kreatif hasil karya anak bangsa. Pada ajang pertemuan yang diselenggarakan Games In Asia bekerjasama dengan Ciputra GEPI Incubator, kali ini menampilkan kisah sukses pelaku industri game Indonesia, yaitu pengembang game berjudul Tebak Gambar.

Ciputra GEPI Incubator mendukung perkembangan industri digital Indonesia
Ciputra GEPI Incubator mendukung perkembangan industri digital Indonesia

Bertempat di Ciputra GEPI Jakarta pada bulan Agustus ini, saya berkesempatan dapat menghadiri meet up dan bisa bertemu Irwanto Widyatri sebagai founder dan pengembang Tebak Gambar yang membagikan pengalaman bagaimana pengembangan sebuah game yang awalnya dibuat di kamar kosnya ketika masih kuliah, memiliki tim yang terlibat dalam pengembangan game, hingga mencapai prestasi 1 juta unduhan di Google Play Store untuk perangkat Android.

Sejarah 

Irwanto menuturkan ide pembuatan game tersebut berawal dari kebiasaannya menjelajah berbagai macam thread unik di internet, khususnya di forum Kaskus mengenai topik game, yang akhirnya menemukan seorang desainer dari Surabaya yang membuat desain gambar berupa permainan menebak susunan gambar. Dari penelusuran dan komunikasi intens dengan desainer tersebut, mereka pun setuju bekerja sama dalam pengembangan game, lalu pada akhirnya menjadi cikal bakal dari desain game Tebak Gambar tersebut.

Irwanto menyampaikan game tersebut pada awalnya didesain dan dikembangkan sebagai permainan asah otak ringan yang menampilkan teka-teki berupa susunan gambar, yang bisa dimainkan kapan pun dan dimana pun oleh gamer. Dari susunan gambar tersebut akan membentuk sebuah kosa kata yang harus ditebak oleh gamer bersangkutan.

1 juta unduhan untuk Tebak Gambar
1 juta unduhan untuk Tebak Gambar

 

Irwanto Widyatri founder Tebak Gambar
Irwanto Widyatri founder Tebak Gambar

 

Pengembangan

Irwanto kemudian menjelaskan tahapan pengembangan Tebak Gambar yang pada awal diluncurkan di platform Android karena dia sendiri sebagai pengguna gadget Android, selain itu Irwanto menuturkan bahwa sudah mengetahui prilaku dan karakterisitik pengguna Android dari kehidupan sehari-hari dan riset yang pernah dia lakukan ketika menelusuri internet, selain itu, Irwanto menambahkan, bahwa Android tergolong platform mudah dikembangkan serta memiliki resources yang mudah didapatkan dan dipelajari untuk pemula yang mau mengembangkan berbagai macam aplikasi dan game.

Pada tahap selanjutnya, setelah perkembangan yang cukup menggembirakan dari Tebak Gambar di platform Android, melalui media sosial, Irwanto mengetahui ternyata banyak pengguna dari platform lain yang meminta dibuatkan game tersebut agar bisa dimainkan di iPhone dan platform iOS lainnya. Karena tidak memiliki kemampuan dalam pengembangan di platform iOS, maka Irwanto menganggap hal tersebut sebagai tantangan dan membuat dirinya terpacu. Karena permintaan pengguna yang semakin besar, Irwanto memutuskan mencari partner pengembangan di platform iOS dari jaringan pertemanan yang telah dibinanya, begitu pula ketika pengembangan Tebak Gambar di platform Windows. Irwanto menambahkan bahwa faktor networking dan kolaborasi dengan pihak lain menjadi sangat penting bagi pengembang individu seperti dirinya, terutama diperlukannya pengembangan diluar kemampuan platform yang dikuasainya, sehingga selanjunya agar mencari partner yang cocok dan memiliki kesamaan pandangan pada pengembangan game tersebut, karena Irwanto berkeinginan Tebak Gambar ingin terus dikembangkan lebih lanjut, sehingga maintainance jangka panjang game tersebut mutlak dilakukan, untuk memuaskan para pengguna game Tebak Gambar.

Game Tebak Gambar
Game Tebak Gambar

 

Tebak Gambar di posisi No. 7 Top Free Games Play Store
Tebak Gambar di posisi No. 7 Top Free Games Play Store

 

Pemasaran

Dalam perkembangan selanjutnya, Irwanto bersama tim memilki dua isu krusial yang dihadapi terkait pengembangan dan keberlangsungan game Tebak Gambar tersebut. Isu yang dimaksud yaitu apa tim pengembang berfokus mendapatkan keuntungan dari game Tebak Gambar tersebut, yaitu dari sisi monetisasi Tebak Gambar, atau fokus pada peningkatan jumlah unduhan terlebih dahulu. Setelah berdiskusi dengan berbagai pihak terkait, akhirnya Irwanto memutuskan untuk fokus pada peningkatan pada jumlah unduhan di Google Play Store. Irwanto menjelaskan kenapa akhirnya diputuskan pada fokus pada peningkatan unduhan baru selanjutnya memikirkan faktor monetisasi Tebak Gambar, karena dengan adanya jumlah unduhan yang mumpuni, maka pengembang tersebut memiliki bukti kualitas game tersebut. Sehingga dengan fakta mengenai jumlah unduhan tersebut, serta tumbuhnya komunitas gamer Tebak Gamer yang berinteraksi di media sosial, misalkan di Facebook Fan Page Tebak Gambar dan menyatakan kepuasannya dalam bermain game tersebut, Irwanto berkeyakinan dapat membantu sisi monetisasi dari game yang dikembangkannya tersebut kedepannya.

Irwanto pun membagi beberapa tips terkait pemasaran game-nya, salah satunya dengan menjalin hubungan dan melakukan komunikasi intens dengan pihak media, karena terbukti dengan diulasnya Tebak Gambar di beberapa media, bahkan media ternama, terdapat lonjakan cukup signifikan dari jumlah traffic dan unduhan setelah ada ulasan dari pihak media tersebut. Selain itu, Irwanto menambahkan bahwa melakukan pendekatan dengan beberapa pemilik akun media sosial dan komunitas tertentu untuk melakukan cross promotion, berupa kuis tematik dan iklan, sehingga Tebak Gambar dapat dikenal dan pada akhirnya diunduh oleh pengguna tersebut.

 Dan Irwanto menyampaikan di penghujung acara, bahwa untuk bisa menjalankan strategi pemasarannya dan mencapai 1 juta unduhan tersebut, bersama timnya telah membangun game yang baik sehingga digemari penggunanya, melakukan maintenance game dengan memberikan update terbaru secara berkala, lalu membangun sebuah landing page, sehingga membantu promosi ke pihak eksternal, khususnya media, berupa press release, informasi terkait game, hingga trailer game tersebut.

 

Landing Page Tebak Gambar
Landing Page Tebak Gambar

 


 

 

Simak ulasan (review) game  terbaru disini : Star Wars Commander


 

Tautan luar :

  1. Situs Resmi Tebak Gambar : http://tebakgambar.com/
  2. Facebook Fan Page Tebak Gambar :  https://www.facebook.com/TebakGambarOfficial
  3. Twitter Tebak Gambar : https://twitter.com/tebakgambar_ID
  4. Situs GEPI Incubator : http://www.gepindonesia.org/
  5. Portal Games In Asia : http://www.gamesinasia.com/
  • Artikel ini juga hadir di Portal Indonesia Kreatif (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) =  http://news.indonesiakreatif.net/tebak-gambar

Tautan game Tebak Gambar :

  1. Android : https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tebakgambar
  2. iOS : https://itunes.apple.com/id/app/tebak-gambar/id856205277
  3. Windows Mobile : http://apps.microsoft.com/windows/en-us/app/2c561622-c72e-43f2-8dd0-b5a7e78a48f2

 

Ayo Kasih Komentar Dong - Leave a Reply