Kuliah (lagi) di Universiti Kebangsaan Malaysia

Di pertengahan tahun ini, Alhamdulillah saya mendapat kesempatan belajar ke negeri tetangga Malaysia untuk mengikuti knowledge management short course di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM). Pengalaman short course ini merupakan pengalaman perdana untuk saya, sehingga saya sangat bersemangat untuk menuntut ilmu, kembali mengikuti kegiatan perkuliahan, sibuk dengan berbagai tugas, membaca buku, berdiskusi, menulis paper, dan berbagai lika-liku kehidupan mahasiswa lainnya.

Stasiun UKM (Foto: Ardika Percha - Selangor, 2014)
Stasiun UKM (Foto: Ardika Percha – Selangor, 2014)

 

Stasiun UKM & Sekitar (Foto: Ardika Percha - Selangor, 2014)
Stasiun UKM & Sekitar (Foto: Ardika Percha – Selangor, 2014)

 

UKM dikenal sebagai universitas yang diarahkan oleh Kerajaan Malaysia sebagai salah satu dari lima univeritas riset di Malaysia, sehingga dapat menjadi acuan dan pengalaman yang menarik, untuk mendorong jiwa intelektualitas dan akademis saya pribadi. UKM terletak di Bangi, Negeri Selangor, yang bisa dijangkau melalui kereta cepat KTM dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dari Kuala Lumpur. Lokasi UKM dengan luas kampus lebih dari 1000 hektar tersebut terletak tidak jauh dari KL dan Putra Jaya serta bandara KLIA, serta dikelilingi berbagai taman dan hutan kota yang luas, mengingatkan saya dengan kampus UI yang terletak di Depok, terletak tidak jauh dari kota Jakarta serta dikelilingi oleh taman dan hutan kota tersebut.

Dengan predikatnya sebagai kampus riset yang didukung penuh oleh pemerintah Malaysia, maka UKM banyak  menghasilkan karya ilmiah yang mampu menembus berbagai jurnal ilmiah internasional, sehingga UKM memiliki beberapa prestasi salah satunya yaitu masuk Top 100 Times Higher Education Asia  berdasarkan lembaga riset Thomson Reuters dan World University Rankings.

 

Update:

Bagi yang mau kuliah dengan jalur alternatif via media pembelajaran online, bisa simak ulasan dan pengalaman saya kuliah melalui Coursera di artikel blog berikut : Kuliah Online Coursera

 

Nyiur Kelapa & UKM (Foto: Ardika Percha - Selangor, 2014)
Nyiur Kelapa & UKM (Foto: Ardika Percha – Selangor, 2014)

 

Woro-woro (Foto: Ardika Percha - Selangor, 2014)
Woro-woro (Foto: Ardika Percha – Selangor, 2014)

 

Aras 3 (Foto: Ardika Percha - Selangor, 2014)
Aras 3 (Foto: Ardika Percha – Selangor, 2014)

 

Meski metode dan pola perkuliahan kampusnya tidak begitu berbeda jauh ketika saya berkuliah dulu di Indonesia, namun yang membedakannya yaitu interaksi budaya antar mahasiswa yang kuliah di UKM tersebut, karena mahasiswa-mahasiswa tersebut tidak hanya dari seantero Malaysia, tetapi juga berasal dari berbagai negara ASEAN, China, Afrika, India dll, sehingga UKM pun menjadi semacam melting pot, dan menambah pengalaman saya berinteraksi dalam kehidupan  perkuliahan di lingkup pergaulan internasional :)

Update:

Bagi yang beminat mengikuti perkuliahan dengan menggunakan media online, berikut ulasan saya mengenai perkuliahan via Coursera yang menerapkan metode e-learning di artikel blog sbb : Kuliah online Coursera

 

Asri (Foto: Ardika Percha - Selangor, 2014)
Asri (Foto: Ardika Percha – Selangor, 2014)

 

Sepi (Foto: Ardika Percha - Selangor, 2014)
Sepi (Foto: Ardika Percha – Selangor, 2014)

 

Sekitar UKM (Foto: Ardika Percha - Selangor, 2014)
Sekitar UKM (Foto: Ardika Percha – Selangor, 2014)

 

Terimakasih UKM (Foto: Ardika Percha - Selangor, 2014)
Terimakasih UKM (Foto: Ardika Percha – Selangor, 2014)

 


Baca juga : Proyek Foto #KomuterKota

 

7 thoughts on “Kuliah (lagi) di Universiti Kebangsaan Malaysia”

  1. maaf, saya mau bicar secara pribadi. boleh minta no hp? ni no hp say 08228807762. saya SMA kelas 12 dan rencana mau kuliah di UKM. cuma info di internet kurang jelas. maaf mengganggu. kalau bisa memberi info nya silakan hub saya dg senang hati :)

Ayo Kasih Komentar Dong - Leave a Reply