Membedah Plan Trello Terbaru 2019 – Masih Bisa Gratis!

Trello adalah salah satu aplikasi dan layanan digital favorit saya,  karena mudah digunakan, dapat digunakan praktis karena unggul dari sisi visualisasi.. so simple but powerful, dan satu hal lagi, yaitu untuk kebutuhan personal bisa digunakan gratis bro!

Seingat saya, sudah dari sekitar tahun 2014 atau 2015 saya menggunakan Trello dan memanfaatkan baik untuk pekerjaan maupun untuk kebutuhan pribadi, mulai dari mengorganisasikan task & status suatu project, wadah untuk menjadi documentation hub yang bisa di-share & saling update dengan teman-teman, jadi tempat untuk kumpulan artikel dan menjadi semacam moodboard, sampai bikin wishlist barang yang ingin dibeli pas terima bonus nanti!

trello apa ya - ardikapercha.com
Trello.com

 

Intinya, Trello menjadi tool yang memudahkan saya dalam beraktivitas, serta dengan semua fitur yang oke banget tersebut, kita tidak membayar apapun untuk fitur basic sudah lebih dari cukup, ditambah pula fitur kolaborasi dengan rekan sejawat, lengkap sudah!

Plan Trello Berbayar

Awal tahun ini, ada kabar yang tidak mengenakkan, kalau Trello  akan dibatasi fitur-fiturnya dan bahkan dikenakan biaya langganan kalau menggunakan layanan yang sudah ada tersebut. Lalu pada bulan Februari – Maret, akhirnya berita  simpangsiur di belahan internet terbukti, yaitu secara resmi menggeluarkan pemberitahuan yang bisa cek disini dan bikin kecewa juga pas pertama kali membaca artikel di Trello Help tersebut.

Trello.com
Trello.com

 

Team Board & Board Berbayar

Plan yang baru ini berdampak ke ke team board yang free, jadi misal kita punya 1 team board page yang isinya lebih dari 10 board, yang digunakan dan di-share ke teman-teman lain, maka mau gamau harus bayar dan menjadi lisensi business class. Untuk cek board yang kamu gunakan itu masih free atau tidak, bisa dilihat dari jumlah anggota yang ada di visualisasi foto dan dalam bentuk angka.

Trello.com

 

Contoh free team board (dan berubah menjadi business license team board) menjadi berbayar (karena lebih dari 10 boards) seperti team board ‘inspiring board’ milik tim Trello berikut :

Trello.com – Team Board Page

 

dan berikut contoh board ‘project management’ yang di-sharing ke team members untuk kolaborasi, ini contoh board yang kena business license berbayar.

Trello.com – Board

 

Team Board (masih) Free

Nah, sesuai plan Trello yang baru (sebenarnya) kita masih bisa memakai layanan Trello untuk kebutuhan kolaborasi bersama team members di Team Board maksimal 10 boards saja, bisa dilihat berikut, ada informasi tambahan free plan up to 10 boards saja, kalau mau lebih ya bayar lisensi ‘business class’

 

Personal Board gratis selamanya!

Tadi diatas sudah dibahas team board atau board yang di-sharing  di team tersebut dan digunakan untuk kolaborasi dengan teman-teman kalau lebih dari 10 boards harus ikut plan berbayar, maka khusus untuk personal board (masih) gratis selamanya dengan unlimited boards dan bisa di-sharing ke teman-teman pula!

Personal Board

 

Kesimpulan

Dengan melihat dan membandingkan plan Trello terbaru di 2019 ini, jadi kita harus cek-ricek kebutuhan dan membatasi penggunaan board di team board ketika urusan kerjaan,. Hal ini tidak berlaku untuk personal board, cuma tidak nyaman kalau harus share board yang ada di personal board kita.

FYI personal board menurut saya setara dengan team board tapi kepemilikannya ke kita pribadi saja, bukan ke team, dan mungkin ada isu privasi data ketika share personal board ke orang lain. So, perlu dipertimbangkan dalam penggunaan board ini, dan kalau memang sudah ‘tergantung’ dengan Trello seperti di sebagian teman terkait kerjaan kantor, maka maugamau harus mengajukan proposal team board yang berbayar, karena pricing yang ditawarkan masih termasuk cukup mahal, tapi melihat fungsi dan fitur tergolong cukup kompetitif dibandingkan layanan sejenis, lagipula Trello sudah terbukti memang OK dan bisa diandalkan. Kalau soal harganya bisa cek disini, dan dilihat dari plan yang ditawarkan, bisa jadi harus cari alternatif layanan lain, atau tetap pakai Trello dan dapat benefit tambahan yang lumayan juga.

So, kamu apa biasa pakai Trello? dan apa sudah tahu soal plan Trello yang berbayar ini? Yuk.. saling share cerita di kolom komentar ya.


Baca juga : Kuliah lagi dengan eLearning Coursera


Referensi :

  • https://help.trello.com/article/1177-personal-vs-team-boards
  • https://trello.com/inspiration

 

Ayo Kasih Komentar Dong - Leave a Reply