Ardika Percha | ardikapercha.com | @sayapercha | ardika.percha@gmail.com | Masjid Cirebon

Menelusuri Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon

Cirebon di Masa Lalu

Cirebon memiliki peran penting dalam penyebaran Islam di Jawa, khususnya kawasan Jawa bagian barat, dengan didirikannya kesultanan Cirebon di sekitar abad 15. Kesultanan Cirebon berkaitan erat dengan Kesultanan Demak sebagai salah satu kerajaan Islam pertama di Indonesia yang didirikan oleh Sunan Gunung Jati, yaitu salah satu Wali Songo yang memegang peranan penting dalam penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di tanah Jawa.

Cirebon yang didirikan sebagai salah satu pusat penyebaran Islam, maka pembangunan sebuah masjid merupakan hal yang krusial,  dan atas prakarsa Sunan Gung Jati meminta Sunan Kalijaga untuk membangun sebuah masjid sebagai pusat kegiatan dakwah Islam, yang dibangun di kompleks keraton Kasepuhan Cirebon. Masjid tersebut dinamakan Masjid Agung Sang Cipta Rasa, yang dikenal juga sebagai Masjid Kasepuhan atau Masjid Agung Cirebon. Nama masjid ini diambil dari kata “sang” yang bermakna keagungan, “cipta” yang berarti dibangun, dan “rasa” yang berarti digunakan, yang berarti masjid yang dibangun sebagai tempat yang penuh keagungan dan digunakan dalam keseharian warga Cirebon.

Bangunan Masjid

Ketika memasuki masjid tersebut, saya merasakan bahwa tempat sesuci tersebut memiliki “getaran” berbeda, bisa jadi karena di masa lalu hingga saat ini banyak orang orang alim ulama telah beribadah di tempat tersebut, sehingga memberikan “getaran” yang berbeda tersebut, dan ditambah dengan interior masjid berusia sangat tua dengan tembok batu bata berwarna merah yang khas tersebut.

Masjid merupakan tidak hanya sebagai pusat dakwah dan ibadah, namun masjid telah menjadi salah satu bangunan penting dalam kegiatan sehari-hari di masa lalu. Filosofi ajaran Islam pun ada di bangunan masjid tersebut, salah satunya yaitu pintu masuk yang menuju ruangan utama (mimbar),  ukurannya kecil dan membuat orang dewasa harus menunduk, yang mengandung filosofi bahwa setiap orang posisinya sama dibawah Allah Swt, serta harus patuh atas perintah dan laranganNYa.

Selain itu disetiap pancang tiang kayu terukir dengan detail dan indahnya ayat-ayat suci Alquran, yang melambangkan bahwa Alquran sebagai pondasi dalam kehidupan manusia. Lalu ada hal unik berkaitan dengan pelaksanaan shalat Jumat di masjid tersebut, yaitu jika dikumandangkan adzan, tidak hanya oleh seorang muazin, namun oleh tujuh orang muazin berpakaian serba putih yang dilakukan bersamaan, dan hal tersebut bisa dilihat terdapat tujuh buah microphone telah terpasang di depan mimbar masjid.

Cirebon & Masjid Saat Ini

Masjid Sang Cipta Rasa Cirebon di masa kini menjadi salah satu magnet wisata budaya bagi kota Cirebon, dan hal tersebut disadari oleh Pemda, dan ketika saya mengunjungi masjid tersebut, maka usaha konservasi terhadap situs budaya telah dilakukan, termasuk Masjid Sang Cipta Rasa. Selain itu, usaha promosi dan pelestarian budaya sudah mulai dilakukan, salah satunya dengan adanya penyelenggaraan beberapa festival budaya yang didukung tidak hanya Pemda, namun masyarkat termasuk pihak keraton Kasepuhan Cirebon.

Keberadaan situs budaya seperti Masjid Sang Cipta Rasa Cirebon tidak hanya menjadi sebuah bangunan sebagaimana mestinya sebagai tempat ibadah, namun juga mulai lebih serius  dan menjadi perhatian pemangku kepentingan, untuk diarahkan menjadi objek wisata yang menggerakkan roda perekonomian, dengan tetap memperhatikan aturan dan norma yang berlaku, serta tidak lupa mengikutsertakan warga lokal dalam pengembangannya.

Salah satu implementasi serius dari usaha konservasi situs budaya dan sekaligus mulai membangun simpul-simpul industri pariwisata oleh pihak Pemda dan pemangku kepentingan lainnya, yaitu dilaksanakannya Gotrasawalafest, yaitu festival budaya internasional pertama kalinya dilaksanakan di Cirebon pada 2014 yang lalu, dan selain itu, Cirebon  terpilh menjadi tuan rumah Festival keraton Nusantara pada 2017 mendatang. Hal tersebut menjadi momentum Cirebon dan Masjid  Sang Cipta Rasa Cirebon untuk berbenah untuk menjadi tujuan wisata budaya nasional dan bahkan internasional kedepannya.

So, ada yang suka berwisata budaya? atau ada yang pernah main dan jalan-jalan ke Cirebon & Masjid Agung Cirebon?

 


 

Gotong royong Masjid Cirebon (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Gotong royong Masjid Cirebon (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

MotorE (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
MotorE (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Atap & Pekerja (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Atap & Pekerja (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Pintu Masuk Sang Cipta Rasa (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Pintu Masuk Sang Cipta Rasa (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Aktivitas luar masjid (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Aktivitas luar masjid (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Gotong royong Cipta Rasa (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Gotong royong Cipta Rasa (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Sudut lain (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Sudut lain (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Pintu Samping (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Pintu Samping (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Area baca (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Area baca (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

 Mimbar & sekitarnya (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Mimbar & sekitarnya (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Ibadah di Sang Cipta Rasa (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Ibadah di Sang Cipta Rasa (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Alquran (seharusnya) diatas segalanya (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Alquran (seharusnya) diatas segalanya (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Kisi-kisi (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Kisi-kisi (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Tertutup (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Tertutup (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Penjaga Sang Cipta Rasa (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Penjaga Sang Cipta Rasa (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 

Petunjuk ada dimana saja (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)
Petunjuk ada dimana saja (Foto: Ardika Percha – Cirebon, 2014)

 


Tautan luar :

  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Sultanate_of_Cirebon
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/Masjid_Agung_Sang_Cipta_Rasa
  3. http://travel.detik.com/read/2013/08/13/154831/2328659/1519/1/kisah-masjid-agung-cirebon-yang-dibangun-dalam-semalam
  4. http://gotrasawalafest.com/
  5. http://www.antaranews.com/berita/475343/cirebon-tuan-rumah-festival-keraton-nusantara-2017

 

32 thoughts on “Menelusuri Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon”

    1. wah sama bro, saya juga suka wisata budaya dan sejarah juga, makanya semangat kalau diajak begituan :)

      kapan-kapan coba aja main ke Cirebon, selain wisata budayanya yang asyik, wisata kulineran bikin ketagihan bro, enak dan unik makanan khas CIrebon 😀

    1. wah bisa tuh di-share pengalamannya bro yogisaputro.. iya ketika main-main kesana kebetulan sedang renovasi ya, jadi memang lebih apik dan (katanya) jadi lebih bersih plus rapi.

      anyway terima kasih soal fotonya yang unik, kebetulan lagi belajar memperdalam fotografi dengan pendekatan street nih 😀

    1. bro Helga nyobain deh main kesana, wisata budaya, sejarah, plus wisata kulinernya manteb bro

      waduh.. jadi enak dibilang keren fotonya bro 😀
      makasih ya bro, yuk konsisten berkarya ya bro :)

    1. main-main lagi aja kesana kak, saya bakal balik lagi kesana untuk wisata kuliner dan borong batiknya haha 😀

      makasih loh soal fotonya… saya juga suka foto-foto disana, siapkan foto, dompet, dan perut kak 😀

  1. Pingback: cirebon locana | gudangpercha
  2. Pingback: cirebon locana 2 | gudangpercha
  3. #PaketTourCirebonHEMAT
    Paket Tour Cirebon Hemat *Keraton Kanoman (Silent Palace)

    ITINERARY
    09.00 – 09.30 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.30 – 10.00 Melewati Bangunan Cagar Budaya *Jajanan Khas Cirebon
    10.00 – 11.00 Tour Keraton Kanoman
    11.00 – 12.00 Tour Goa Sunyaragi
    12.00 – 13.00 Makan siang Empal Gentong H. Apud
    13.00 – 14.30 Tour Industry Kerajinan Kerang
    14.30 – 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 – 17.30 Oleh – oleh Khas Cirebon
    17.30 – 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 – Tour Selesai

    HARGA PAKET TOUR CIREBON :
    Rp370.000,- (5 Orang)
    Rp295.000,- (10 Orang)
    Rp245.000,- (20 Orang)
    Rp205.000,- (30 Orang)
    Rp185.000,- (40 Orang)
    Rp165.000,- (50 Orang)
    Rp145.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    ARMADA WISATA, MOBIL / ELF / HIACE / BUS MEDIUM / BIG BUS (AC)
    TIPS DRIVER, BBM, PARKIR
    TOUR GUIDE
    MAKAN PRASMANAN 1X (KHAS CIREBON)
    JAJANAN PASAR 1X (KHAS CIREBON)
    AIR MINERAL 600ML
    HTM OBJEK WISATA
    LOKAL GUIDE

    RESERVASI & BOOKING :
    PLESIR WISATA GROUP
    0231-324282, 087710663947

  4. Kalo main ke Cirebon lagi jangan lupa kunjungi Komunitas Fusion Reborn kang 😀

    saya orang cirebon asli :)

    ini nomer saya :) 089525504927 ( Zaelani )

    untuk lebih lengkap informasi tentang Fusion reborn hubungi saya yah kang 😀

  5. #TourCirebon #TourCirebonKuningan2H1M
    #PAKETTOURCIREBON #TOURCIREBONKUNINGAN2H1M

    #CityTourCirebon

    ITINERARY
    09.00 – 09.30 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.30 – 10.00 Makan pagi Nasi Jamblang Mang Dul / Ibu Nur
    10.00 – 11.00 Tour Keraton Kasepuhan
    11.00 – 12.00 Tour Goa Sunyaragi
    12.00 – 13.00 Makan siang Empal Gentong H. Apud
    13.00 – 14.30 Tour Industry Rumah Kerang
    14.30 – 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 – 17.30 Oleh – oleh Khas Cirebon
    17.30 – 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 – Tour Selesai

    HARGA PAKET TOUR CIREBON :
    Rp 400.000,- (5 Orang)
    Rp 325.000,- (10 Orang)
    Rp 275.000,- (20 Orang)
    Rp 235.000,- (30 Orang)
    Rp 215.000,- (40 Orang)
    Rp 195.000,- (50 Orang)
    Rp 175.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    ARMADA WISATA, MOBIL 7seat, ELF 16seat – 18seat, HIACE 14seat, BUS MEDIUM 30seat – 39seat, BIG BUS 47seat – 60seat (AC)
    TIPS DRIVER, BBM, PARKIR
    TOUR GUIDE
    MAKAN 2X (KHAS CIREBON)
    JAJANAN PASAR 1X (KHAS CIREBON)
    AIR MINERAL 600ML
    HTM OBJEK WISATA
    LOKAL GUIDE
    PIN / BROSS
    SPANDUK TOUR

    #TourCirebonKuningan 2H1M

    ITINERARY Hari 1
    09.00 – 09.30 Jemput di Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    09.30 – 10.00 Makan pagi Nasi Jamblang Mang Dul / Ibu Nur
    10.00 – 11.00 Tour Keraton Kasepuhan
    11.00 – 12.00 Tour Goa Sunyaragi
    12.00 – 13.00 Makan siang Empal Gentong H. Apud
    13.00 – 14.30 Tour Industry Rumah Kerang
    14.30 – 16.30 Belanja di Desa Trusmi Batik
    16.30 – 17.30 Oleh – oleh Khas Cirebon
    17.30 – 18.00 Menuju Hotel + Check In
    19.00 – 21.00 Makan malam RM Klapa Manis (Menu Sunda)
    21.30 – Kembali ke Hotel

    ITINERARY Hari 2
    07.00 – 09.00 Breakfast di Hotel + Check Out
    09.00 – 10.30 Tour Situs Purbakala Cipari / Museum Rumah Topeng
    10.30 – 12.00 Tour Museum Linggarjati
    12.00 – 13.30 Tour Ikan Dewa Cibulan
    13.30 – 15.00 Makan siang RM Ampera (Menu Sunda)
    15.00 – 16.30 Oleh – oleh khas Kuningan
    16.30 – 18.00 Kembali ke Stasiun KA Kejaksan Cirebon
    18.00 – Tour Selesai

    HARGA PAKET TOUR CIREBON KUNINGAN :
    Rp 1.045.000,- (5 Orang)
    Rp 1.035.000,- (10 Orang)
    Rp 745.000,- (20 Orang)
    Rp 725.000,- (30 Orang)
    Rp 705.000,- (40 Orang)
    Rp 685.000,- (50 Orang)
    Rp 645.000,- (60 Orang)

    HARGA TERMASUK :
    ARMADA WISATA, MOBIL 7seat, ELF 16seat – 18seat, HIACE 14seat, BUS MEDIUM 30seat – 39seat, BIG BUS 47seat – 60seat (AC)
    TIPS DRIVER, BBM, PARKIR
    TOUR GUIDE
    MAKAN 4X (KHAS CIREBON + SUNDA)
    JAJANAN PASAR 1X (KHAS CIREBON)
    AIR MINERAL 600ML
    HTM OBJEK WISATA
    LOKAL GUIDE
    PIN / BROSS
    SPANDUK TOUR
    HOTEL*** (1Room 2Pax + Breakfast)

    #PaketHemat
    #TourGuideCirebon Rp150.000,-/Day (12Hours)
    #OjekWisataCirebon Rp100.000,-/Pax/Unit + Driver + BBM + Parkir
    #WalkingTourCirebon Rp150.000,-/Pax + Guide Tour
    #BecakWisataCirebon Rp200.000,-/Unit + Driver
    #TaxiWisataCirebon Rp250.000,-/Pax (Min2Pax) Unit + Driver + BBM + Parkir

    #SewaArmadaWisataCirebon (12Hours, Armada + BBM + Driver)
    #Mobil (7seat Xenia / Avanza) Rp550.000,-
    #Elf (16seat – 18seat) Rp1.550.000,-
    #HIACE (14seat) Rp1.550.000,-
    #BusMedium (30seat – 39seat) Rp1.850.000,-
    #BigBus (47seat – 60seat) Rp2.850.000,-

    #ReservasiBooking :
    PinBB 59775566
    WA 089690565631
    Hp 082127388347, 087710663947

    #Website :
    http://tourcirebonkuningan.blogspot.com
    http://tourcirebonhemat.blogspot.com
    http://plesirwisata.blogspot.com
    https://www.facebook.com/plesirwisata
    https://twitter.com/plesirwisata

    #VisitCirebon #OneDayTour #OneDayTrip #TourCirebon #TripCirebon #TravellingCirebon #OutingCirebon #WisataCirebon #PaketCirebon #WeekendCirebon #HolidayCirebon #PiknikCirebon #KulinerCirebon #KelilingCirebon #AgentCirebon #BiroCirebon #CirebonTourism #Cirebon #PetaCirebon #VisitKuningan #TourKuningan #TravellingKuningan #OutingKuningan #WisataKuningan #PaketKuningan #WeekendKuningan #HolidayKuningan #PiknikKuningan #KulinerKuningan #KelilingKuningan #AgentKuningan #BiroKuningan #KuninganTourism #Kuningan #PetaKuningan #PaketWisataCirebonKuningan #WisataCirebonKuningan #TourCirebonKuningan #PlesirWisataCirebon #PlesirWisataKuningan #PlesirWisataCirebonKuningan #TourCirebonKuningan2H1M 

    1. foto-foto bagus karena masih (mau) belajar terus dan jam terbang bro,
      sering foto-foto aja, hampir tiap hari saya membuat foto, sekarang mayoritas fotonya dibuat dengan hp saja

    1. Aloha mba Donna, waduh artis blog aka blogger kondang bertamu ke blog saya ini :)
      aduh jadi enak dibilang foto-fotonya ciamik 😀
      terima kasih yah mba..
      anyway nanti bisa belajar bareng deh mba, foto-foto mba Donna juga keren kok.

  6. eh? mesjid ini :3
    aku udah pernah ke sini. DAN <3
    SUKAAA…
    warna bata merahnya itu, lho. khas banget.

    plis jangn tanya berapa kali aku kesini :(