Terbang Aman & Nyaman bersama #SobatAviasi

Melakukan perjalanan udara ke berbagai tempat yang jauh bahkan menyeberangi pulau dan batas negara di era sekarang menjadi semakin mudah dan murah. Seperti perjalanan saya yang lalu, maka soal kemananan dan kenyamanan merupakan hal yang paripurna kemana pun tujuannya dengan aman dan nyaman.

 

 

Nah.. agar mudik kali ini Insha Alloh selamat, aman dan nyaman dengan menggunakan transportasi udara, maka ada persiapan dan aturan yang harus kita ikuti dan lalui, agar perjalanan udara dapat lancar dilakukan hingga selamat tanpa kurang suatu apapun sampai di tempat tujuan.

Dalam persiapan keberangkatan tersebut, ada beberapa hal yang harus dilakukan, mulai dari pemeriksaan barang-barang sesuai regulasi keselamatan penerbangan sampai bagaimana cara kita membawa serta melakukan packing barang, khususnya beberapa barang dalam bentuk cairan.

 

Pemeriksaan Barang di Bandara

 

Salah satu kegiatan ketika  kita dalam persiapan keberangkatan yaitu di area pemeriksaan barang-barang yang dilakukan dengan menggunakan semacam metal detector. Ketika  di area tersebut, maka semua barang yang mengandung kadar logam, seperti barang-barang pribadi berupa telepon seluler, cincin, kalung, ikat pinggang, sampai pecahan uang logam pun harus disimpan di tempat yang tepat dan dilakukan pemindaian dengan alat tersebut.

Terkadang di area ini, selain ketika check in, maka cukup memakan waktu, karena saya harus melepas dan merapikan barang-barang tersebut, namun demi keamanan dan kenyamanan , yaa ikuti saja prosedur yang dilakukan. Nah.. agar mudah, terkadang barang-barang tersebut saya pisahkan dan masukkan ke tempat tertentu di tas bawaan, atau jika diperlukan dipisahkan dengan memasukkan  ke tas bawaan ukuran kecil yang saya pisahkan termasuk untuk sejumlah uang tunai, kartu identitas, maupun tiket pesawat atau dokumen lainnya.

Jangan lupa hal yang terpenting kita lakukan ketika di area pemeriksaan nanti, tidak lupa membawa kelengkapan dokumen macam tiket, boarding pass, atau jika diperlukan dokumen keimigrasian, jika melakukan penerbangan udara ke luar negeri. Semua prosedur tersebut juga dilalui dengan santai dan rileks, namun tetap sekaligus serius jangan dilakukan bercanda, karena terkadang ada beberapa orang karena memang excited pertama kali atau bahkan sudah terlalu sering melakukan penerbangan udara, terkadang menganggap pemeriksaan tersebut hanya rutinitas, bahkan menganggap remeh prosedur yang dilakukan.

Barang yang dilarang dalam penerbangan

Untuk alasan keselamatan dan keamanan, penumpanng transportasi udara tidak diperbolehkan membawa beberapa barang yang dianggap mengganggu bahkan membahayakan perjalanan menggunakan transportasi udara.

Barang-barang tersebut dari seperti bahan peledak, barang yang mudah terbakar, barang yang mengandung gas tertentu, atau barang-barang yang memiliki kandungan cairan berpotensi bahaya jelas-jelas dilarang dibawa ke kabin pesawat, dan terpaksa harus diamankan.

Yaa.. kalau kita sebagai “penumpang normal”  yang maunya berlibur atau melakukan perjalanan bisnis sepertinya tidak mungkin membawa barang-barang tersebut, cuma saya pernah melihat, bahwa barang seperti dalam botol tabung, mungkin pengharum parfum, atau misal semacam obat carian atau berbentuk gas atau material kosmetik pun pernah diamankan dari tas penumpang di depan saya ketika mengantri dan dilakukan pemeriksaan, sehingga barang tersebut pun tidak bisa dibawa bersama pemiliknya.

 

 

https://www.facebook.com/pg/djpu151
https://www.facebook.com/pg/djpu151

 

Komunitas #SobatAviasi

Dengan pengalaman melakukan perjalanan dengan menggunakan  pesawat tersebut pun membuat saya mencari informasi dari beberapa grup maupun komunitas di ranah media sosial, Salah satunya yaitu komunitas #SobatAviasi yang merupakan komunitas resmi yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan, yang bisa diikuti dan diakses melalui media sosial Facebook [https://www.facebook.com/djpu151/] dan Instagram [https://www.instagram.com/djpu151/] serta bisa juga diakses melalui situs komunitasnya di http://selamanya.id/

Di komunitas #SobatAviasi tersebut, saya banyak mendapat informasi beragam, salah satunya yang saya share diatas, terkait prosedur keselamatan dan keamanan untuk transportasi udara. Segala aturan dan prosedur tersebut, dibuat tentunya dalam rangka agar tingkat keamanan, keselamatan, dan kenyamanan kita dalam menggunakan transportasi udara via pesawat komersial dapat terjaga, sehingga kita terbang kembali dan selamanya dengan menggunakan penerbangan udara tersebut.

 

Referensi :

Komunitas #SobatAviasi

  • http://selamanya.id/
  • https://www.facebook.com/pg/djpu151
  • https://www.instagram.com/djpu151/

 

6 thoughts on “Terbang Aman & Nyaman bersama #SobatAviasi”

Ayo Kasih Komentar Dong - Leave a Reply