Tips Liburan di Bogor Saat Long Weekend

 

Kursi santai (Pixabay)
Kursi santai (Pixabay)

 

Saat libur panjang akhir pekan, kawasan Bogor jadi salah satu destinasi terbaik untuk berwisata dengan keluarga atau teman-teman. Di Kota Hujan ini, ada banyak tempat seru yang bisa dikunjungi. Selain itu, jaraknya pun cukup dekat dengan Jakarta dan Bandung. Sayangnya, Bogor juga jadi tempat yang sangat ramai saat libur panjang akhir pekan. Ribuan wisatawan akan datang ke sini dalam waktu yang nyaris bersamaan. Hasilnya, kemacetan panjang pun terjadi hingga berjam-jam.

Tapi tenang saja, meskipun selalu macet saat waktu libur, Bogor tetap jadi destinasi wisata yang menarik kok. Buktinya, ribuan wisatawan tetap datang ke Bogor meskipun sudah tahu kalau mereka akan terkena macet.

Berikut, ada beberapa tips supaya kamu bisa lebih enjoy saat terkena macet di puncak waktu libur panjang akhir pekan.

 

Ketahui Jadwal Buka-Tutup Jalur

Saat libur panjang akhir pekan, pihak kepolisian sering memberlakukan sistem buka-tutup di jalur puncak, terutama dari dan menuju Jakarta. Pembukaan jalur menuju puncak biasanya terjadi pada pukul 09.00 WIB – 22.30 WIB. Sedangkan jalur menuju Jakarta dan Ciawi akan dibuka pada pukul 15.00 WIB – 17.00 WIB pada hari Sabtu dan pukul 15.00 WIB – 18.00 WIB pada hari Minggu. Jika kamu sedang menuju ke puncak, pilihlah jadwal keberangkatan beberapa saat sebelum jalur ke puncak sedang dibuka agar kamu bisa berada di jalur yang dibuka tersebut pada waktu yang tepat, begitu pun sebaliknya. Namun, jadwal buka-tutup jalur ini tidak permanen. Pembukaan dan penutupan jalur bisa berubah tergantung situasi dan kondisi di sana. Jadi, pantau terus media sosial kepolisian atau penyedia informasi setempat.

 

Ketahui Jalur Alternatif

Saat sistem buka-tutup jalur sedang berlangsung, kendaraan yang terkena dampak penutupan jalur akan dialihkan melalui jalur lain. Kenalilah jalur-jalur alternatif ini agar kamu bisa lebih cepat sampai tujuan dan tidak tersesat di jalan. Hal ini berlaku juga jika di jalur puncak sedang terjadi kemacetan tanpa adanya sistem buka-tutup jalur. Untuk memudahkan kamu dalam menemukan jalur alternatif, pastikan selalu membawa GPS atau Google Maps.

 

Selalu Bawa Car Charger

Saat terjebak macet, pastikan semua smartphone yang dimiliki oleh orang-orag di dalam mobil selalu menyala dan memiliki kuota internet. Smartphone akan sangat berguna untuk mencari jalur alternatif, menyimak informasi terbaru tentang kondisi lalu lintas di sana, berkomunikasi, dan untuk kebutuhan hiburan agar tidak bosan di perjalanan. Untuk itu, sebaiknya kamu menyediakan car charger untuk mengisi daya di mana pun dan kapan pun. Meskipun Car Charger ini memiliki dampak yang kurang bagus untuk baterai Smartphone, benda ini akan sangat berguna di saat macet.

 

Bawa Sopir Cadangan

Konsidi jalan yang mecet bisa membuat tubuh pengendara menjadi cepat lelah. Untuk mengindari kecelakaan akibat terlalu lelah saat menyetir mobil, sebaiknya di dalam mobil terdapat supir cadangan agar bisa bertukar peran untuk menjaga kondisi tubuh.

 

Selalu Bawa Camilan

Untuk menghilangkan bosan dan lapar, pastikan untuk selalu membawa camilan dari rumah. Soalnya, tidak akan mudah menemukan penjual makanan dan minuman saat diperjalanan. Jadi saat merasa haus dan keroncongan, kamu bisa langsung mengonsumsi makanan dan minuman yang sudah disediakan sejak awal.

 

Pastikan Kendaraan Dalam Keadaan Sehad dan Bensin Selalu Terisi

Untuk mengindari kecelakaan dan mobil mogok, sebaiknya cek atau perbaiki mobilmu sebelum berangkat ke puncak. Di Puncak, sudah banyak terjadi musibah kecelakaan akibat ada mobil yang kondisinya kurang layak untuk mengarungi jalur puncak yang menanjak dan macet.

 

Selain itu, pastikan juga kendaraanmu selalu terisi bahan bakar. Asupan bahan bakar saat mengarungi jalur yang menanjak dan macet sangat besar. Sementara, tidak mudah menemukan tempat pengisian bensin saat kondisi sedang macet.

 

Booking Penginapan Beberapa Hari Sebelumnya

Lalu jangan lupa, pastikan untuk mendapatkan hotel di Bogor termurah beberapa hari sebelum liburan. Saat libur panjang, akan sulit mendapatkan kamar hotel yang diinginkan jika melakukan pemesanan langsung di hotel tersebut. Selain itu, kamu pun bisa langsung berisirahat begitu sampai di hotel setelah bermacet-macetan selama berjam-jam. Untuk mendapatkan kamar hotel pilihan dengan penawaran harga terbaik, kamu bisa booking kamar hotel termurah di Reservasi.com.

 

Pulang Lebih Awal

Sebaiknya, pilihlah jadwal pulang sehari sebelum waktu libur habis. Bisa juga pulang di hari terakhir liburan dengan jadwal yang tidak terlalu siang. Tujuannya agar kamu bisa memiliki waktu istirahat yang lebih banyak di rumah. Dengan begitu, kamu bisa lebih berstamina dan semangat saat harus kembali dengan rutinitas sehari-hari di keesokan harinya. Kalau kamu sampai di rumah terlalu malam, sedangkan keesokan harinya harus kembali bekerja, tubuhmu akan terlalu lelah untuk menghadapai tumpukan pekerjaan. Hasilnya, pekerjaanmu pun akan sulit dikerjakan dengan maksimal.

 

 

Ayo Kasih Komentar Dong - Leave a Reply