Ulasan XL Home Pow : Angin segar hiburan keluarga Indoensia

 

Minggu lalu saya sempat berdiskusi dengan beberapa kawan yang “bermain” di ranah digital, social media, marketing dan branding. Dari hasil diskusi tersebut mengerucut mengenai layanan streaming yang sudah menjadi “makanan sehari-hari” orang Indonesia, hal ini terjadi di kalangan teman-teman, serta hal ini pun dilakukan oleh saya sendiri dan keluarga pun menikmati model hiburan tersebut. Dengan semakin luas dan mudahnya akses hiburan tersebut, maka tren konsumsi hiburan melalui streaming media beserta content-content-nya yang tersedia pun menjadi semacam idola baru hiburan keluarga Indonesia.

Sumber : Indonesia Digital Landscape 2018 Q1 – We Are Social & Hootsuite

 

Dengan lebih dari 132 juta pengguna internet di Indonesia dengan penetrasi internet diatas 50% yang merujuk dari data We Are Social di awal tahun 2018, maka jelas Indonesia memiliki potensi besar dan tingkat adaptasi yang cukup tinggi terhadap berbagai hal terkait internet dan digital. Hal ini pun dibuktikan dari hasil survei Google Consumer Barometer untuk pasar Indonesia, yang dirilis oleh We Are Social dan Hootsuite, bahwa terdapat sekitar 2% dari responden survei tersebut menggunakan device untuk streaming content ke perangkat televisinya. Dari hasil survei tersebut, ternyata 95% responden masih menonton beragam content melalui perangkat televisinya.

 

Sumber : Indonesia Digital Landscape 2018 Q1- Device Usage – We Are Social & Hootsuite

 

Dengan pesatnya perkembangan internet, maka kita pun memiliki banyak pilihan kanal media dengan bervariasinya content yang bisa disimak. Hal ini sepertinya telah dilirik oleh XL Axiata dengan membuat dan merilis produk barunya, yaitu XL Home Pow!. XL Home Pow! merupakan layanan internet super ngebut bin cepat yang berjalan diatas jaringan fiber broadband dengan kecepatan hingga 300Mbps yang didukung dengan teknologi jaringan teranyar yaitu XL Axiata 4,5G. Dengan layanan internet super cepat tersebut, maka saya lihat sepertinya menyasar konsumen rumahan seperti saya dan dapat info dari kabar angin, layanan ini dirilis dengan biaya langganan bulanan yang cukup menarik, yaitu sejumlah Rp. 300.000.. Sounds promising kan 😀

 

Sumber : XL Home Pow! – XL Axiata

 

Tidak hanya layanan internet cepat tersebut, jika kita membeli paket layanan internet tersebut, maka sudah di-bundling dengan paket XL Home Pow! Android TV Box, jadi kita bisa dapat mendapatkan sebuah one stop entertainment service, yaitu layanan internet cepat dan perangkat Android TV mumpuni disertai berbagai content dan layanan pendukung yang ciamik, seperti Iflix, Catchplay, hingga Netflix yang fenomenal. Selain layanan tersebut, kita bisa juga menikmati berbagai layanan content eksklusif hanya di XL Home Pow!, seperti menonton semua video terkait aktivitas tim esport Indonesia NXL yang merajai arena CS-GO di esport Indonesia atau mau menikmati video-video unik melalui Youtube yang sudah otomatis terpasang. Selain itu, ada fitur Kidz Mode yang bisa menjadi semacam alat parental control bagi adik-adik dan anak saya juga, sehingga layanan yang dinikmati bisa sesuai batas umur dan aman untuk dinikmati oleh anak-anak yang didukung oleh pengawasan orang tua.

Salah satunya yang menarik seperti yang saya sampaikan diatas, kita bisa menikmati berbagai layanan hiburan Google Play dan saya sendiri juga bisa menggunakan XL Home Pow! Android TV Box ini sebagai perangkat Chromecast dengan menghubungkan via perangkat smartphone Android saya, so bisa menikmati berbagai hiburan terkini dari menikmati musik, menonton video, sampai menampilkan layar smartphone kita ke TV melalui Android TV ini ketika kita bermain game terkini.

 

 

Dari hasil unboxing saya, maka paket XL Home Pow! Android TV Box ini tergolong cukup lengkap dan siap pakai, yaitu tentu TV Box-nya disertai kabel dan charger, lalu ada kabel HDMI yang dipasangkan ke TV LED/LCD kita, dan tentunya remote control plus baterai yang desainnya cukup ergonomis. Semua paket tersebut dibalut dengan warna putih dikombinasi dengan warna biru-hijau khas XL. Yang perlu menjadi catatan, bahwa jaringan XL Home Pow! Saat ini masih terbatas, dan saya sendiri pun sampai harus mencoba di beberapa tempat di Jakarta dan sekitarnya, untuk menikmati layanan internetnya, sehingga memang ada isu di coverage-nya, namun info dari pihak XL Axiata, cakupan jaringan ini akan diperluas dalam waktu dekat, sehingga kita semua dapat menikmati paket layanan internet satu ini, so untuk informasi lebih detailnya monggo menyambangi situs resminya disini.

Dengan paket Android TV Box dan content yang tersedia di dalamnya, maka saya overall cukup puas, meski kedepannya tetap perlu dikembangkan dan disempurnakan, sehingga saya dan kawan-kawan sekalian betah menggunakan layanan XL Home Pow! yang kece ini, dan hopefully dengan hadirnya layanan ini bisa menjadi angin segar bagi industri hiburan rumahan di Indonesia.

Referensi :

  1. https://wearesocial.com/blog/2018/01/global-digital-report-2018
  2. 2. https://www.lebihpow.com

Ayo Kasih Komentar Dong - Leave a Reply